Ricuh Saat Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an

MALUT.Legalpost.id– Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 Tingkat Provinsi Maluku Utara tahun 2024 di Asrama Haji Transit Kota Ternate, Minggu (23/6/2024) malam diwarnai kericuhan dan nyaris saling adu jotos.

Amatan wartawan, Ketegangan terjadi saat Plt. Karo Kesra Fadly Muhammad menyambangi para kontingen Halmahera Barat yang mengeluh adanya kekurangan kursi menjadi penyebab adu mulut hingga nyaris adu jotos.

Kejadian itu berawal dari protes yang dilakukan oleh kontingen Kabupaten Halmahera Barat kepada panitia penyelenggara karena tidak mendapatkan tempat duduk yang menyebabkan para kafilah dan pelatih dibiarkan berdiri di sekitaran tenda tempat kegiatan. Namun saat dikeluarkan insiden tersebut mulai terjadi.

Selain adu mulut, panitia dan kafila bahkan tamu yang datang pada kegiatan tersebut saling dorong saat panitia melerai ancaman keributan.

Untungnya, aksi itu berhasil dilerai oleh kontingen kabupaten/kota lain yang berada di tempat kejadian.

Sejumlah Kafilah Halbar yang enggan mengaku bingung atas pelayanan panitia penyelenggara Provinsi, pasalnya kedatangan para kafilah di lokasi MTQ tidak di sambut dengan baik, bahkan saat ditanya terkait tempat duduk kafilah tidak direspon dengan baik.

“Mungkin Panitia MTQ Provinsi tidak siap untuk melaksanakan hajat ini, buktinya kursi untuk kafilah dan Pelatih juga terbatas, ini miris sekali,” teriak mereka dengan nada kesal.

Menurut Kafilah , harusnya panitia penyelenggara punya insting pelayanan sebelum hajat tersebut di mulai. Mereka heran panitia beralasan penyediaan kursi terbatas, padahal kedatangan kafilah didampingi oleh panitia kabupaten serta para pelatih seharusnya suda di hitung sesuai kontingen kabupaten kota.

“Kita yang datang dari kabupaten kota itu bukan hanya Kafilah, ada pendamping, masa kursi saja jadi persoalan, panitia harusnya menghitung jumlah kontingen dari kabupaten kota,” ujarnya.

Hingga berita ini diterbitkan, Karo Kesra Provinsi Maluku Utara Fadly Muhammad belum bisa ditemui untuk mengkonfirmasi persoalan tersebut.

Komentar

Loading...