MTQ, Covid-19

MTQ Kabupaten Halmahera Barat Akan Digelar Tanpa Penonton

suasana confrensi pers Pelaksanaan MTQ di Halbar

Jailolo, LegalPost.id -Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), memastikan akan menggelar kegiatan Musabakah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat kabupaten. Kegiatan ini dilakukan tanpa penonton.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Setda) Pemerintah kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Sahril Abdul Rajak, saat konfrensi pers di ruang kerjanya, Selasa, 22 Juni 2020.

Dikatakan Sahril, pelaksanaan MTQ kali ini dilakukan sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Yakni, kebiasaan kegiatan yang melibatkan banyak orang akan ditiadakan.

"Seperti pawai ta'aruf yang biasanya sebelumnya dilakukan, kali ini ditiadakan, dan peserta yang hadir dengan pendamping orangtua dan sanak keluarga ditiadakan dan jika memungkinkan harus ikut hadir maka diperkecil jumlahnya."Ucapnya.

Lanjut Sahril, protokol covid-19 diperketat dalam pelaksanaan kegiatan. Dengan itu, Pemda bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengawasi pelaksanaan di lapangan.

Sahril mengharapkan ada kerja sama yang baik sesama media terkait pemberitaan nanti. Karena pelaksanaan MTQ ini sebelum resmi digelar, bermula telah melalui koordinasi di Provinsi Maluku Utara. Maka itu, Pemkab melakukan dengan persyaratan protokol covid-19 di lapangan.

"Modelnya telah di desain sangat steril, karena saat ini masih suasana covid-19,"jelasnya.

Selain itu kata Sahril, setiap peserta yang datang akan dilakukan tes suhu. Untuk memasterilkan kondisi fisik. Dengan itu, yang bisa masuk hanya yang memiliki suhu rata-rata tercatat normal.

Meski begitu Sahril menyakini, kesehatan para peserta akan aman karena seluru peserta berasal dari satu wilayah di Halmahera Barat.

Sementara Kasubag KTU Kementerian Agama Mohdar Mustafa, saat konfrensi Pers  menyampaikan mata lomba
diantaranya, Tilawa anak,Tilawa Remaja,Tilawa Dewasa,Tartil putra,Tartil Putri,Tahfiz Putra, Tahfiz Putri, sarhil Quran, Fahmil Quran, dan Khatil quran.

Sementara tema kegiatan yakni, "melalui Musabakah Tilawtil Quran ke 28, Kita Wujudkan Nilai Nilai Universal Alquran dalam kehidupan masyarakat Halmahera barat yg Rukun Aman Damai dan bermartabat". Dengan lokasi pembukaan tepatnya di villa gaba desa Guwaemaadu Rabu, 23 Juni 2020
dan lanjutan kegiatan di belakang masjid desa Hatebicara tepatnya sekrtariat Badan Amil Zakat Halbar.

Perlu diketahui yang hadir saat hering, selain Setda dan Kasubang KTU, juga hadir Sekertaris Kominfo Halbar, Sahmi Salim, dan Kepala Dinas Sosial Samsuri Majid.(tim)

Komentar

Loading...