Empat Kepala Daerah Dilantik 26 Februari Secara Virtual

Ilustrasi

Sofifi,legalpoat.id-Pelantikan empat kepala daerah bakal dilaksanakan oleh Gubernur Maluku Utara (Malut), KH Abdul Gani Kasuba pada Jumat (26/2/2020) yang berlangsung secara virtual, sesuai edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Pelantikan empat kepala daerah diantaranya Bupati dan wakil Bupati Halmahera Barat, Bupati dan wakil Bupati Halmahera Timur, Walikota, Wakil Walikota Tikep, serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pulau Taliabu.

Plh Kepala Biro Pemerintahan Setda Malut, Taufik Marasabessy, saat dikonfirmasi mengatakan, gelombang pertama pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 di Malut, Halmahera Timur Halmahera Barat, Pulau Taliabu dan Tidore kepulauan.

Lanjut Taufik, rencana pelantikan ini pada 26 Februari 2021 berdasarkan surat edaran Mendagri, namun pemprov tetap melakukan koordinasi dengan pihak Kemendagri jangan sampai ada surat edaran susulan terkait  petunjuk teknis.

”Sesuai edaran Mendagri pelantikan gelombang pertama itu Minggu ke IV bulan Februari, jadi kami rencanakan jadwalkan pada 26 Februari, sambil berkoordinasi dengan pihak Kemendagri,” terangnya.

Sementara Kabupaten Halmahera Selatan dan Sula, belum dilakukan pelantikan sebab masa jabatan belum berakhir. Halsel akhir masa jabatan akhir Mei 2021, sedangkan Sula awal  Juni 2021.

Tambah Taufik,Pelantikan bakal dilakukan secara virtual sehingga bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota yang dilantik berada di ibu kota kabupaten/kota masing-masing.

”Pelantikan dilakukan secara virtual, jadi kepala daerah yang dilantik itu berada di masing-masing ibu kota kabupaten/kota, namun rencana kami akan usulkan Kemendagri agar pelantikan secara langsung setelah kami lakukan rapat bersama,”pungkasnya(Tim)

Komentar

Loading...