Mempermudah ASN Dalam Pengurusan, BKD Halbar Luncurkan Aplikasi “MAESTRO”

Jailolo, Legalpost.id– Inovasi Manejemen ASN Terpadu Elektronik, (Maestro) adalah aplikasi berbasis digital. Aplikasi Itu merupakan layanan kepegawaian yang terpadu dan terintegrasi.

Maestro itu digagas oleh Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD), Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara. Inovasi yang digagas dan dilaksanakan itu, sebagai upaya digitalisasi pelayanan kepegawaian.

Aplikasi berbasis digitalisasi itu, secara resmi dilaunching oleh Wakil Bupati, Djufri Muhammad, di lobi lantai dua Kantor Bupati Halbar, Jum'at (24/11/2023).

Dalam sambutannya, Djufri Muhammad mengatakan, Maestro yang diluncurkan oleh BKD ini, tujuannya adalah untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi kepegawaian.

"Adanya Maestro ini, misalnya ketika ASN dalam pengurusan data pensiun maupun mutasi sudah tidak lagi mengantri di BKD, tinggal duduk dirumah dan langsung upload dokumen lewat online saja," Kata Djufri saat memberikan sambutan.

Terobosan yang dilakukan oleh BKD ini, kata Dia, pihaknya turut mendukung penuh serta mengapresiasi setinggi-tingginya. Untuk itu, Djufri berharap semoga aplikasi tersebut menjadi sebuah inspirasi agar lebih meningkatkan pelayanan yang baik dan nyaman.

"Melalui kesempatan ini, saya berharap agar dapat mewujudkan aparatur berintegritas. BKD Halbar siap mewujudkan sumber daya aparatur yang profesional, bersih dan berwibawa serta mampu memberikan pelayanan yang baik," Imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala BKD Halbar, Fransiska Renjaan, menjelaskan, sesuai dengan undang-undang nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, tranformasi atau perubahan manajemen yang dimaksud meliputi 7 hal salah satunya yaitu digitalisasi manajemen ASN dalam pelayanan publik.

"Oleh karena itu Maestro ini hadir untuk memberikan kemudahan kepada Aparatur Sipil Negara di lingkup Kabupaten Halbar untuk mewujudkan ASN yang profesional, berkelas dunia dan berbasis digital sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)," Terangnya.

Dari Aplikasi Maestro ini, sambungnya, terkait dengan tugas dan pelayanan di BKD, ada empat bidang dan satu sekretariat, diantaranya Bidang Mutasi yang berkaitan dengan kenaikan pangkat, berkala dan sebagainya.

Selain itu, Fransiska menyebut bahwa, pelayanan di bidang data dan informasi terkait dengan data-data pegawai, serta pelayanan di Bidang Diklat yang berkaitan dengan pelatihan dan prajabatan.

"Kemudian juga di Bidang Pengembangan, terkait dengan disiplin ASN, pelanggaran kode etik, serta penerimaan CPNS dan PPPK. Bukan hanya itu, tapi juga sekretariat, kemudian terkait dengan surat tugas luar," Ujarnya.

Fransiska juga menambahkan, Maestro ini juga ada Informasi khusus misalnya, seleksi Jabatan Ahli Pratama, menyampaikan pengumuman dan sebagainya itu bisa disampaikan lewat Maestro.

Komentar

Loading...