Cerita Pengalaman Berumroh Wabup Djufri Saat Pelepasan Jama’ah Calon Umroh

JAILOLO,Leglpost.id- Wakil Bupati Halmahera Barat Djufri Muhammad, menceriterakan pengalaman yang dialami dirinya saat berumroh tahun lalu kepada calon Jama'ah umroh, disaat acara sirimoni pelepasan calon jama'ah umroh di kediaman dinas Minggu, (19/11/2023).

Suasana pelepasan calon jama'ah umroh di kediaman wakil bupati Minggu, (19/11/2023)

Orang nomor dua di Halmahera Barat itu mengaku banyak hikmah yang diambil saat menjalankan ibadah umroh bersama rombongan, diantaranya pengalaman perjalanan hidup semasa muda maupun saat menjadi pejabat dari tahun 2009 mendapatkan teguran positif untuk perubahan diri dalam kehidupan.

"Mungkin saya jadi pejabat selama dari tahun 2009 kurang berjalan kaki, karena diberi fasilitas kendaraan oleh negara. Maka itu, saat ibadah umroh saya ditegur oleh Allah dengan memberi hukuman berjalan kaki mencari jama'ah umroh yang hilang hingga ribuan langkah kaki telah dilalui."cerita dia.

Wabup Djufri memberi Uang Saku Perjalanan Calon Jama'ah Umroh

Menurut Djufri, Jika diumpamakan jauh langkah kaki saat mencari jama'ah umroh yang hilang, ditaksir dirinya berjalan dari Jailolo sampai ke kecamatan ibu, hal itu, dia sadari saat melepas lelah saat kembali dari perjalanan.

Hikmah lain yang diambil adalah dirinya menjadi pelayan kepada sesama rekan jama'ah umroh dimulai dari awal perjalanan hingga pelaksanaan ibadah bahkan sampai kembali ke Indonesia.

Suasana Calon Jama'ah Umroh saat Mendengar Sambuta Wabup

"Mungkin saat menjadi pejabat, saya dilayani oleh pegawai yang bertugas sehingga disaat berumroh saya melayani jama'ah yang bersama saya. "akunya seraya mengaku Itu beberapa hikmah yang diambil dari perjalanan ibadah tersebut.

Dirinya menghimbau kepada jama'ah calon umroh untuk melaksanakan ibadah dengan penuh kekhusuan disaat bisa berkesempatan berumroh. Karena, selain tidak bisa berulang karena keuangan, juga dimungkinkan rencana umroh dan haji dibatasi oleh negara arab saudi setiap diri hanya diberi kesempatan hanya sekali.

Djufri saat menutup sambutan pelepasan itu meminta kepada Jama'ah umroh untuk memanjatkan do'a di tempat-tempat khusus yang makbul untuk kelancaran dan kemurahan rezeki masyarakat serta diberi ilmu kepada anak dan keturunan.

Suasana di acara Pelepasan

"Meski jama'ah umroh tidak mendahului saya dan bupati dalam do'a. Namun selaku wakil bupati saya berharap jama'ah umroh mendoakan untuk masyarakat agar diberi rezeki, diberi kesehatan dan dikasih kepintaran kepada anak cucu di Halbar dan semoga mereka diberi kesempatan untuk beribadah di tanah suci."Pinta dia.

Suasana pelepasan calon jama'ah umroh

Selain itu, Djufri juga mengaku program Halbar religi dalam pemerintahan mereka diharapkan menjadi keberkahan untuk daerah. Karena, setiap tahun selain haji, umroh dan perjalanan ke yuresalem bagi kaum Nasrani tetap menjadi agenda dalam kepemimpinan mereka.

"Saya dan bupati suda membagi tugas, kalau umroh dan haji itu menjadi urusan wakil dan perjalanan pendeta ke yuresalem adalah hak dan kewenangan bupati untuk mengaturnya."Ucapnya.

Komentar

Loading...