Tahun Ini Halbar Usulkan 31 Desa Dibina Kemendes

Kepala DPMPD Halbar, Soni Balatjai.

JAILOLO,legalpost.id-Dalam rangka sinergitas dan kolaborasi program dengan pusat, maka DPMPD Kabupaten Halbar mengusulkan 31 Desa ke Kementrian Desa (Kemendes) untuk dibina selama 2 tahun untuk meperoleh program Desa Cerdas yang akan diluncurkan di tahun 2023.

"Desa Cerdas yang dimksud ini cerdas ekonomi, cerdas pengelolaan pemerintahan, cerdas masyarakatnya dan cerdas lingkungan," ucap Kepala DPMPD Halbar, Soni Balatjai, Kamis (19/1/2023).

Menurut dia, sangat berharap dengan program ini, desa lokus tersebut yang diusulkan dapat diakomodir sebagaimana syarat yg diberikan Kemendes.

"Saya juga melihat bahwa indikator Halbar cerdas ternyata terkolaborasi dengan salah satu indikator Desa Cerdas," ujarnya.

Lanjut mantan Kadis Pendidikan Halbar ini, demikian juga program Desa Cerdas ini telah sinergi dengan tujuh janji kerja prioritas Bupati Halbar. Semoga dengan adanya program ini, desa-desa di Halbar bisa termotivasi untuk membangun desanya masing- masing.

"Sehingga status indeks desa yang di tagertkan oleh DPMPD Halbar untuk menuju Desa maju dan mandiri bisa dicapai," jelasnya.

Dia menambahkan, selain itu guna dari peningkatkan kesejahteraan rakyat. Diprogram yang lainnya pihaknya juga telah mengkordinasikan ke Balai Besar Pelatihan Pemerintahan Desa di Kota Malang, untuk dapat melatih aparatur Pemerintahan Desa melalui anggaran APBN nanti.

"Dan saat ini data desa sementara disiapkan untuk dikirim ke Balai Besar tersebut," pungkas mantan Kepala BP3D Halbar ini.(red)

Komentar

Loading...