Lagi, Warga Keluhkan Pelayanan Online Dukacapil Ternate

TERNATE,legalpost.id-Lagi pelayanan pembuatan dokumen Kartu Keluarga (KK) secara onlinen oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Tenate Maluku Utara (Malut) di keluhkan.
Keluhan tersebut datang dari Junaidi sala satu warga Kelurahan Dufa- Dufa Kecamatan Ternate Utara. Junaidi yang mengeluhkan ketidak puasan pelayanan online pihak Dukcapil, dikarenakan semua prosedur sudah dirinya lakukan untuk kepengurusan pergantian kartu KK
"Kata dari mereka (Dukacapil) di bagian pelayanan umum, bilangnya paling lama 2 hari sampai 3 hari sudah selesai, namun ini sudah 9 hari pasca saya masukan berkas untuk pmbuat KK"selasanya
Bahkan pekan kemarin juga dirinya sudah mengkonfirmasi ke kantor Dukcapil melalui nomor pelayanan katanya sudah jadi dan Selasa kemarin, akan di antarkan kerumahnya
"Jadi hari ini saya hanya ingin tahu apakah sudah selesai atau belum. Karena bagian pengantar KK itu akui masi dalam proses"akunya
Disisi lain Kepala Dukcapil Kota Tenate, Rukmini A.Rahman kepada wartawan, Selasa (26/1/2021) mengatakan keluhan pengaduan sala satu masyarakat pekan kemarin, terkait dengan ketidak puasan pelayanan umum oleh pihaknya itu berhak untuk memberikan komplain/mengeluh atas ketidakpuasan pelayanan pihaknya, karena ini merupakan bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanannya dan apa yang menjadi kekukarangan kinerja pihaknya selama ini.
"Selain itu juga, masyarakat saat melakukan chating dengan stafnya melalui nomor layanan Whatsapp supaya di screenshot setelah itu bisa meminta nomor handpond kepala bidang dan Kadis lalu kirim, pihaknya akan menindak lanjuti atas aduan tersebut"katanya
Lanjutnya, selakau kepala Dukcapil rutin melaksanakan rapat evaluasi perminggu dan perbulan untuk mengetahui keluhan masyarakat dan tingkat pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, walaupun sekian banyak presentasi keluhan saat rapat itu dicarikan solusinya
"Namanya juga masyarakat pasti cara sudut pandangnya berbeda-beda dan ada juga sebagian dari mereka belum terlalu paham terkait dengan pelayanan lewat online via Whatsapp,"jelasnya
Rukmini bilang, pihaknya juga perna menggelar pelayanan online di SMK 1 Kota Ternate lewat aplikasi zoom dengan tema 'Dukcapil Menyapa', saat itu juga di hadiri, Walikota Ternate, Ombudsman, Pemerintah Pusat, masyarakat dan mahasiswa. Namun saat kegiatan berlangsung sebagian saja masyarakat yang masuk untuk menyampaikan keluhannya.
"Fasilitas yang ada pihaknya sudah memaksimalkan walaupun masih butuh perlengkapan lainnya untuk menunjang kinerja pelayanan terhadap publik"ungkapnya
Seraya ia sangat berharap agar masyarakat selalu masukan aduan atas ketidak puasan lewat nomor WA layanan online, karena keluhan merupakan bahan evaluasi atas kenerja pihaknya.pungkasnya.(tim)
Komentar